Peta Informasi Kota Tegal


View Peta Informasi Kota Tegal in a larger map

Tari Bali

Macam-macam Tari Bali

Tari Legong

Legong merupakan sekelompok tarian klasik Bali yang memiliki pembendaharaan gerak yang sangat kompleks yang terikat dengan struktur tabuh pengiring yang konon merupakan pengaruh dari gambuh. Kata Legong berasal dari kata "leg" yang artinya gerak tari yang luwes atau lentur dan "gong" yang artinya gamelan. "Legong" dengan demikian mengandung arti gerak tari yang terikat (terutama aksentuasinya) oleh gamelan yang mengiringinya. Gamelan yang dipakai mengiringi tari legong dinamakan Gamelan Semar Pagulingan. (Wikipedia Indonesia)

Tari Kecak

Kecak (pelafalan: /'ke.tʃak/, secara kasar "KEH-chahk", pengejaan alternatif: Ketjak, Ketjack, dan Ketiak), adalah pertunjukan seni khas Bali yang diciptakan pada tahun 1930-an dan dimainkan terutama oleh laki-laki. Tarian ini dipertunjukkan oleh banyak (puluhan atau lebih) penari laki-laki yang duduk berbaris melingkar dan dengan irama tertentu menyerukan "cak" dan mengangkat kedua lengan, menggambarkan kisah Ramayana saat barisan kera membantu Rama melawan Rahwana. Namun demikian, Kecak berasal dari ritual sanghyang, yaitu tradisi tarian yang penarinya akan berada pada kondisi tidak sadar[1], melakukan komunikasi dengan Tuhan atau roh para leluhur dan kemudian menyampaikan harapan-harapannya kepada masyarakat. (Wikipedia Indonesia)

 Tari Pendet

Tari Pendet pada awalnya merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura, tempat ibadat umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Lambat-laun, seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi "ucapan selamat datang", meski tetap mengandung anasir yang sakral-religius. Pencipta/koreografer bentuk modern tari ini adalah I Wayan Rindi (? - 1967).

Pendet merupakan pernyataan dari sebuah persembahan dalam bentuk tarian upacara. Tidak seperti halnya tarian-tarian pertunjukkan yang memerlukan pelatihan intensif, Pendet dapat ditarikan oleh semua orang, pemangkus pria dan wanita, dewasa maupun gadis. (Wikipedia Indonesia)

0 komentar:

Poskan Komentar

Mengenal Wisata "Taman Mini Indonesia Indah"


Taman Mini Indonesia Indah adalah merupakan Taman Wisata Budaya, tempat rekreasi yang bersifat pendidikan yang menggambarkan secara keseluruhan budaya Indonesia dari segala jenis adat dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia. Taman Mini Indonesia Indah , dalam perencanaan dan pembangunannya berawal dari suatu ide/gagasan dan sumber ilham oleh Ibu Tien Soeharto (Ibu Negara) pada tanggal 13 Maret 1970.

Taman Mini Indonesia Indah, terletak di Pondok Gede, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, dengan luas lahan + 100 ha. Taman Wisata Budaya ini, mulai dibangun pada tanggal 30 Juni 1972 tahap demi tahap secara bersinambung. Rancangan bangunan utama berupa peta relief Miniatur Indonesia berikut penyediaan airnya, Tugu Api Pancasila, bangunan Joglo, dan Gedung Pengelolaan disiapkan oleh Nusa Consultants berikut pembuatan jalan dan penyediaan kaveling tiap-tiap bangunan. Rancangan bangunan lain, seperti bangunan khas tiap daerah, dikerjakan oleh berbagai biro arsitek, sedang Nusa Consultants hanya membantu menjaga keserasian secara keseluruhan. Untuk mengenal lebih jauh tentang TMII (Taman Mini Indonesia Indah), silahkan baca Selengkapnya ....

 
Powered by by: Blogger